SWITCH APPLICATION

Portal SDM Portal Akademik Portal Riset
Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau

Login Portal

:
:

Berita


Peningkatan Kapasitas Produksi Content Multimedia dan Pengembangan Aplikasi Grid Computing (contoh)

Sebagai universitas nasional yang ikut bertanggung jawab atas berbagai problem dan persoalan bangsa, Universitas Gadjah Mada (UGM) merasa terpanggil untuk semakin meningkatkan kemampuannya dalam memberikan berbagai solusi bagi persoalan-persoalan nasional. Dalam bidang pendidikan tinggi, UGM telah banyak menghasilkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang salah satunya adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna mendukung proses pembelajaran. Melalui program INHERENT K1 tahun 2006, UGM berhasil mengimplementasikan beberapa aplikasi pendukung pembelajaran dan penelitian, dan saat ini sangat mendorong pemanfaatannya, tidak hanya di lingkungan UGM sendiri tetapi juga untuk perguruan-perguruan tinggi lainnya. Model knowledge sharing seperti ini diyakini dapat mengakselerasi usaha-usaha pencerdasan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas pendidikan.
Sebagai bagian dari UGM, Jurusan Teknik Elektro FT UGM (JTE FT UGM) merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam mendorong pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang ada, dengan cara meningkatkan kapasitas dan kemampuan pengembangan materi/content pembelajaran serta kemudahan dalam penggunaan fasilitas komputasi grid. Dengan strategi penguatan kapasitas pengembangan content dan pemudahan pemakaian fasilitas grid, diharapkan akan menarik minat sivitas akademika UGM dan perguruan tinggi lain untuk memanfaatkan sarana dan aplikasi yang tersedia. Pada akhirnya diharapkan akan tumbuh komunitas-komunitas pembelajaran dan penelitian yang berbasis pada hasil-hasil program INHERENT.
Dengan strategi tersebut di atas, maka ada 2 program yang akan diusulkan dalam Program INHERENT 2007:
1.    Peningkatan kapasitas pengembangan content berbasis multimedia menuju Credit Earning Distance Learning Activity (CEA) .
2.    Pengembangan jejaring grid computing dengan portal berbasis grafis untuk meningkatkan kemudahan pemakaian.
    Kedua program ini diusulkan berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh JTE FT UGM. Melalui skema kolaborasi, diharapkan knowledge dan pengalaman yang dimiliki oleh pihak-pihak lain yang terlibat dapat juga dimanfaatkan untuk mencapai sasaran-sasaran yang ditentukan, sehingga knowledge sharing dapat dijalankan untuk membentuk komunitas-komunitas yang semakin besar.



01 Oktober 2007 oleh admin_sdm

Kembali
Portal Kepegawaian - Universitas Riau 2010