SWITCH APPLICATION

Portal SDM Portal Akademik Portal Riset
Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau Universitas Riau

Login Portal

:
:

Berita


RI Berupaya Cari Solusi bagi Myanmar

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Hasan Wirajuda menyatakan, pemerintah berupaya mencari solusi untuk masalah Myanmar.

"Bagaimana kita bergerak tidak hanya sekadar kecaman, tapi juga bagaimana sebagai negara satu kawasan kita mencari solusi," kata Hasan saat Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, di Jakarta, Senin (810/2007).

Hal tersebut, kata Hasan saat ini sedang dipikirkan oleh Indonesia, juga negara-negara lainnya. Bahkan, kata dia, sedang dipikirkan rencana pertemuan antara Jenderal Than Swe dan Aung San Suky.

Mengenai sikap Indonesia, Hasan mengatakan sangat jelas dan tidak ada ambivalensi. "Bisa ditanyakan kepada rekan-rekan saya sesama menteri luar negeri. Siapa yang paling vokal bicara mengenai Myanmar di forum-furum internasional, ya Indonesia," ungkapnya.

Dia memberikan contoh, di PBB Indonesia menyatakan bahwa demo para biksu dan rakyat Myanmar bukan karena kenaikan BBM seperti yang dikatakan Junta, tetapi karena cacatnya demokrasi di sana. Hal itu, menurut dia membuktikan Indonesia menempati garda depan dalam merespon kasus Myanmar.

Mengenai apakah Indonesia akan mendesak agar Myanmar tidak ikut menandatangani ASEAN Charter, Hasan menjawab diplomatis. "Saya tidak ingin berspekulasi sejauh itu, bagaimana charter di tanda tangani, yang jelas kita akan dorong Myanmar untuk berubah," tandasnya.

Anggota Komisi I DPR Yuddy Chrisnandy mengusulkan agar pemerintah Indonesia memberikan sikap yang lebih tegas atas kasus Myanmar. Misalnya mengusulkan agar negara tersebut dikeluarkan dari ASEAN.

"Ini untuk shock terapi dan bisa diberlakukan pada semua negara yang melakukan hal serupa," tukasnya. (dian widiyanarko/sindo/fmh)



08 Oktober 2007 oleh admin_sdm

Kembali
Portal Kepegawaian - Universitas Riau 2010